About Me

Saya seorang “Digital Nomad”.

Saya bekerja sendiri, kapan saja dan dimana saja, tanpa dikekang jarak dan waktu.

Pemimpin tanpa anak buah, eksekutif tanpa karyawan, pengusaha tanpa buruh. Saya seorang CEO, Chef Everything Officer, dari semua bisnis yang saya jalankan.

Secara resmi saya punya jabatan. Terpaksa. Legalitas membuat beberapa aktivitas bisnis baru bisa efektif dijalankan dalam bentuk badan usaha. Jadilah saya direktur beberapa perusahaan dan komisaris dari beberapa perusahaan lainnya. Tapi semuanya nggak ada karyawannya. Hehehe.

Tapi saya juga memiliki sejumlah perusahaan “normal” yang beroperasi dengan kantor, pabrik, dan karyawan. Beberapa diantaranya bahkan karyawannya ribuan, puluhan ribu. Perusahannyapun berganti-ganti. Jual perusahaan ini, beli yang itu, sering kali nggak cuma satu dua dalam sehari. Hanya saja kepemilikannya hanya sebagian kecil saja, sangat kecil. Bebeberapa lembar saham dari sekian milyar lembar saham perusahaan yang beredar.

Definisi “Digital Nomad” Menurut Macmillan Dictionary
Someone who uses technology, especially a laptop and wireless network, to work remotely from anywhere in the world. The story also talked about how digital nomads mostly gather in coffee shops and other places where wireless access is available.

Dikutip dari: macmillandictionary.com