Categories
Bisnis

Trading Forex di Bali

Trading forex di Bali sepertinya tidak seheboh di kota-kota besar lain di tanah air seperti Jakarta, Surabaya, atau Bandung misalnya. Mungkin karena masyarakat di Bali memang sepertinya soal mengais rejeki, masyarakat di Bali lebih fokus pada industri pariwisata yang memang menjadi primadona bahkan sejak sebelum negeri ini merdeka.

Categories
Teknologi

Sambil Menyelam Minum Air Bersama rajakomen.com

Katanya nih, netizen +62 itu lemes banget. Apa-apa dikomenin. Stereotip-nya Bu Tejo lah pokoknya. Tapi sebetulnya hobi komen itu bisa diarahkan pada sesuatu yang positif koq, bahkan bisa menghasilkan uang. Nggak percaya?

Saya sebetulnya termasuk salah satu diantara golongan hobi komen itu. Tapi selama ini saya memilih menebar komen di Google Map. Gak cuma komen alias review, kalo kebetulan ada saya juga nambahin foto bahkan video. Kumplit cuman gak pake telor.

Categories
Opini

Partai Kang Emil

Akankah pada akhirnya Kang Emil berpartai?

Pertanyaan itu sudah muncul di pikiran saya sejak Kang Emil, panggilan karib Gubernur Jawa Barat, Dr. (H.C.) H. Ridwan Kamil S.T., M.U.D. sedang menggalang dukungan politik untuk langkahnya maju dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat sekitar 3 tahunan lalu.

Categories
Hobi

Marquez is Back!

Seri MotoGP yang digelar di Amerika Serikat merupakan salah satu seri yang paling sering saya lewatkan. Perbedaan zona waktu membuat gelaran MotoGP disana “nyampe”-nya disini jadi nanggung banget, pukul 02.00 dini hari.

Bukan karena saya jarang begadang jam itu sering terlewatkan. Saya termasuk golongan “night owl” yang lebih seger malam-malam daripada siang hari. Cuma karena jamnya aneh banget jadinya sering terlupakan.

Categories
Opini

Salahkah Menteri Marah-Marah?

Prestasi Hj. Ir. Tri Rismaharini memang fenomenal. Mengubah metropolitan terbesar kedua tanah air yang terkenal semerawut menjadi kota yang cantik luar dalam bukan perkara mudah. Dan ternyata meskipun beliau seorang wanita, Bu Risma sanggup mewujudkannya dalam 2 periode kepemimpinannya sebagai Wali Kota Surabaya.

Salah satu karakter yang dikenal publik adalah empatinya terhadap masyarakat dan tempramennya yang mudah meledak saat melihat pejabat yang seharusnya melayani masyarakat tidak bekerja optimal.

Marah.

Categories
Opini

Mengembangkan PeduliLindungi

Siapa sih yang tertarik untuk mendownload, menginstall, dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi?

Rasanya nggak ada.

Tapi koq jutaan orang sudah mengunduh?

Terpaksa.

Categories
Opini

Krisdayanti Buka-Bukaan Sampai Kena Semprit

Kasus Krisdayanti buka-bukaan sudah agak basi rasanya. Mulai ramenya sekitar pertengahan bulan September ini. Artinya sudah dua mingguan lalu. Tapi saya memang tidak terlalu tertarik memantau apalagi membahasnya.

Saya fikir besaran penerimaan para wakil rakyat yang terhormat di Senayan sana itu bukan rahasia yang harus ditutup-tutupi. Kalaupun angka persisnya mungkin belum pernah dipublikasikan secara resmi dengan rinci, kita juga tahulah kalau penerimaan mereka tidak mungkinlah kecil.

Categories
Opini

Gus Gibran for DKI 1

Akhir-akhir ini penyematan “gelar” Gus di depan nama seseorang cenderung agak sensitif. Memang sepertinya tidak secara formal dipatenkan sehingga pengguna oleh mereka “yang tidak berhak” bisa dikatakan melanggar hukum. Tapi rasa-rasanya tanpa perlu diajari lagipun mayoritas orang Indonesia faham siapa yang “berhak” menyandangnya.

Tidak mengherankan kalau “pengguna yang tidak berhak” meskipun tidak pernah dituntut biasanya mendapat sanksi sosial dalam berbagai bentuk, dari sindiran sampai cacian. Tiba-tiba muncul pemberitaan kalau gelar kehormatan bagi komunitas Nahdiyin ini disematkan pada sosok Gibran Rakabuming Raka.

Categories
Opini

King of Lip Service

Oknum mahasiswa bikin geger saat seluruh energi seluruh negeri tersita menghadapi gelombang kedua pandemi Covid-19 yang secara statistik nyata lebih parah dari gelombang pertama. Menjadi perhatian banyak fihak karena yang bersangkutan juga menyandang jabatan tinggi pada organisasi kemahasiswaan di salah satu Perguruan Tinggi Negeri paling prestisius di negeri ini. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia alias BEM UI.

Categories
Filosofi

Saya Kutu Buku? Trus Masalahmu Apa?

Saya kutu buku? Mungkin aja sih. Saya sih nggak merasa begitu. Tapi kalo banyak orang bilang saya kutu buku, ya terserah-terserah saja. Lha kalo ada yang bilang saya kutu kupret aja saya nggak ambil pusing koq. Apalagi kutu buku yang kesannya sedikit lebih beradab meskipun sama-sama kutu.

Cuma kalo pikiran jujur saya sendiri sih saya justru liatnya sebaliknya. Kalo kebiasaan saya membaca itu buat sebagian orang keliatan aneh, saya justru menganggap orang-orang yang males membaca itulah yang aneh.