Categories
Hobi

Rookie Mistakes

Rookie mistakes merujuk pada kesalahan kecil yang biasa dilakukan oleh pemula. Umumnya kesalahan semacam itu tejadi karena minimnya pengalaman. Pada seri MotoGP Teruel, dua pembalap Honda yang sama-sama berstatus rookie melakukan kesalahan kecil yang membuat mereka kehilangan kesempatan menuntaskan balapan dengan hasil cemerlang.

Dalam dunia kompetisi otomotif, julukan rookie sendiri disematkan pada pembalap yang baru mengikuti kejuaraan. Khusus untuk MotoGP, karena rata-rata pembalap baru datang dari Moto2 yang merupakan kasta di bawahnya, rata-rata rookie merupakan pembalap yang baru naik kelas.

Categories
Hobi

Alex v.s. Alex

Seri MotoGP yang digelar di Sirkuit Aragon lebih menarik dari biasanya. Jika di seri-seri sebelumnya sang juara bertahan, Marc Marquez, absen karena masih harus memulihkan kondisi fisiknya, kali ini ada pembalap papan atas lain yang juga tidak bisa ikut tampil. Valentino Rossi terpaksa absen karena divonis positif mengidap virus Covid-19 sehingga harus diisolasi.

Kalau absennya Marquez diyakini banyak penggemar MotoGP berpengaruh besar pada perubahan peta persaingan sehingga menjadikan gelaran MotoGP lebih menarik ditonton, rasa-rasanya meskipun Rossi sarat prestasi dan kaya pengalaman, ketidakhadirannya tidak banyak membawa perbedaan, kecuali mungkin untuk para penggemar fanatiknya. Wajar saja. Karena tahun ini prestasi Rossi nggak moncer-moncer amat. Para fans Rossi harap jangan tersinggung. Memang kenyataannya 3 kali berturut-turut Rossi gagal finish akibat jatuh pada lap-lap awal.

Categories
Hobi

All Spanish Podium di Italia

Seprtinya Suzuki sudah benar-benar keluar dari kutukan tim pabrikan lapis kedua yang biasanya hanya sanggup bersaing dengan tim-tim satelit. Dari seri ke seri musim ini pembalap-pembalap Suzuki nampak sanggup bersaing untuk memprebutkan podium.

Dua minggu lalu Joan Mir sukses merebut podium ketiga dari tangan Valentino Rossi dan menggagalkan para pembalap Italia untuk mengukir kebanggaan dengan menciptakan “all Italian podium” di kandang mereka sendiri. Sirkuit Misano tempat seri MotoGP sebelumnya digelar memang berada di Italia. Pada seri MotoGP terbaru Emilia Romagna yang juga digelar di Sirkuit Misano, Mir kembali sukses menyalip pembalap-pembalap di depannya pada lap-lap terakhir untuk mengakhiri balapan di atas podium.

Categories
Hobi

Saat Guru Dikalahkan Murid-Muridnya

Terlepas dari drama di dalam tubuh tim Yamaha dimana para ridernya mempertanyakan kebijakan tim yang tidak menurunkan pembalap penguji mereka dalam sesi tes resmi di Sirkuit Misano, motor-motor Yamaha tampil kompetitif sepanjang akhir pekan. Setelah pembalap-pembalap Yamaha bergantian mencatatkan waktu terbaik pada ketiga sesi latihan, mereka juga menguasai sesi kualifikasi.

Bukan hanya menempatkan pembalapnya pada pole position, Yamaha menempatkan keempat pembalapnya di posisi start terdepan. Pembalap tim utama Yamaha, Maverick Vinales menempati pole position. Disusul duo pemàbalap tim satelit Petronas Yamaha, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo berurutan di posisi kedua dan ketiga. Dominasi Yamaha di garis start ditutup Valentino Rossi di posisi keempat.

Categories
Hobi Opini

Drama De La Pulga

Saya nggak bener-bener penggemar sepak bola. Saya bukan orang yang akan berusaha menahan kantuk hanya untuk menonton pertandingan sepak bola meskipun itu sekelas piala dunia. Kalau sempet saja. Kalau kebetulan melek saja. Pertandingan sepak bola yang biasanya membuat saya sengaja menyiapkan waktu nonton itu hanya kalau melibatkan Persib atau Timnas Indonesia.

Kalau memperhatikan tim-tim sepak bola, terutama klub-klub yang bermain di liga utama negara-negara Eropa, selain sisi olah raganya, yang menarik juga sisi bisnisnya. Terutama dalam hal bagaimana para pemain sepak bola seperti diperlakukan sebagai komoditi. Itu yang membuat saya ada perhatian lebih.

Categories
Hobi Opini

Kenalan Gak Kenal

Meskipun tidak masuk tingkat dewa seperti Bu Tejo yang mendadak beken sampai banyak disebut-sebut menyisihkan film “khilaf-ah” dalam menyedot perhatian publik, saya termasuk orang yang nyinyiran. Cuma biasanya saya nyinyir pilih-pilih. Gak semua hal saya nyinyirin. Malah mungkin hanya sedikit hal yang biasa saya nyinyirin. Dari yang sedikit itu salah satunya tulisan-tulisan yang absurd atau ridiculous. Susah juga milih kata Bahasa Indonesia yang enak.

Categories
Hobi

Bintang Baru Lagi (?)

Sekali lagi seri MotoGP digelar di sirkuit yang sama, Sirkuit Red Bull yang berada di pinggiran Styria, kota terbesar kedua di Ausrtria. Seri lalu berlabel MotoGP Austria, sementara seri yang baru digelar tadi malam berlabel MotoGP Styria.

Rupanya kedua nama itu gampang sekali meleset. Seorang teman sempat nyeletuk, “Syria itu bukannya di Arab?” dengan nada sangat pede. ” Koq jadi Ostrali?”, lanjutnya.

Hehehe … senyumin aja.

Categories
Hobi

Dipecat Malah Melesat

Nggak seru rasanya seri MotoGP yang digelar akhir pekan lalu di Austria. Soalnya nggak sempet nonton live. Kebetulan lagi nyetir dan situasinya nggak memungkinkan untuk berenti dulu. Jadinya baru nonton rekamannya sekitar jam 10an, sejaman lebih setelah bubaran. Alamak bubaran kayak dangdutan kampung aja. Jadi sebelum nonton udah tau siapa yang menang, bahkan udah liat cuplikan bagaimana Rossi selamat dari kecelakaan hebat yang mungkin saja bisa merenggut nyawanya. Tau dong rasanya nonton sesuatu yang udah ketauan duluan endingnya?

Trus kenapa masih nonton?

Nah ini. Ternyata melihat detail detik per detik dari start sampai finish tetap menarik. Bahwa keseruannya terasa berkurang karena udah tau endingnya memang iya. Tapi tetap sangat lumayan daripada melewatkannya sama sekali.

Categories
Hobi Opini

MotoGP Ceko: Kasian Zarco

Beberapa kejadian luar biasa yang terjadi pada gelaran MotoGP di Sirkuit Brno akhir minggu lalu membuat banyak hal kecil yang sebetulnya tidak kalah menarik begitu saja terlewatkan. Salah satunya adalah tersingkirnya pembalap KTM, Pol Espargaro, dari lintasan karena terjatuh setelah bersenggolan dengan pembalap tim satelit Ducati, Johann Zarco. Padahal motor yang ditunggangi Espargaro nampak sangat kompetitif, sama kompetitifnya dengan motor yang ditunggangi rekan setimnya Brad Binder yang memenangkan balapan.

Kalau saja Espargaro tidak jatuh, bukan tidak mungkin kita melihat 2 motor KTM di atas podium.

Categories
Hobi

MotoGP Ceko: Pabrikan Terkemuka Ditaklukan Satelit

Gelaran MotoGP di Sirkuit Brno akhir pekan lalu tidak hanya memunculkan bintang baru tapi juga melanjutkan tren buruk pembalap-pembalap berpengalaman dari tim-tim pabrikan terkemuka.

Apakah ini menjadi warna baru yang akan terus berlangsung sepanjang musim bahkan terbawa ke musim-musim selajutnya? Mungkin masih terlalu dini untuk menyimpulkan, setidaknya sampai The Baby Alien kembali turun di lintasan. Tapi setidaknya bagi mereka yang menyukai perubahan, ini membuat MotoGP terasa lebih seru. Tapi bagi mereka yang cintanya dengan idola-idola lama demikian dalam mungkin justru membuat hati hancur berkeping-keping. Hehehe.