A Journey Towards the Light

Blunder Alex Noerdin Soal Perusakan Gereja

B

Pagi ini portal-porta berita online diramaikan pemberitaan mengenai perusakan gereja di Ogan Ilir yang konon terjadi pada malam hari sehingga tidak mudah bagi aparat kepolisian untuk mengidentifikasi dan menangkap pelakunya sehingga motifnya bisa terungkap terang benderang. Mudah-mudahan dengan profesionalisme yang dimilikinya kepolisian tetap bisa mengungkap meskipun sulit.

Mudah-mudahan yang lebih penting lagi, kejadian itu tidak menimbulkan perpecahan, konflik horizontal antar umat beragama khususnya di kawasan Ogan Ilir dimana gereja yang dirusak itu berada. Soal ini sepertinya kearifan masyarakat setempat menunjukkan ketanhguhannya menghadapi ujian. Seperti dinyatakan pejabat kepolisian setempat yang dikutip media, umat muslim terlibat aktif membantu membersihkan puing-puing akibat pengrusakan oleh orang-orang yang sampai saat ini masih disebut sebagai “orang-orang tak dikenal” itu.

Miris … koq rasanya saya menjadi merasa berita seperti itu sesuatu yang biasa. Mungkin kalau terlalu sering terjadi, sesuatu yang luar biasa itu jadi terasa biasa.

Tapi yang lebih miris lagi, dan ini sayapun merasa luar biasa, adalah pernyataan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, dalam menanggapi kejadian itu, seperti dikutip detik.com. Mengecam, okelah, pernyataan normatif yang bagi saya sih “So what gitu lho”. Tapi bagian lain dari pernyataanya yang mengatakan kalau kejadian itu merupakan tindakan kriminal murni itu blunder.

Kalau orang mencuri sepeda motor, jelas kriminal murni. Bahkan kalaupun berhubungan dengan tempat ibadah, kalau afs maling menghondol “Toa” mesjid, bolehlah itu dikatakan sebagai kriminal murni. Tapi kalai sudah sengaja datang untuk merusak tempat ibadah, itu jelas-jelas provokasi untuk memicu konflik horizontal antar umat beragama. Kita sudah bisa melihatnya terang benderang meskipun pelakunya belum tertangkap dan diinterogasi. Bahkan kalaupun pelakunya tertangkap dan dia mengatakan motifnya bukan provokasi, konyol aja kalo percaya.

Rujukan beritanya bisa dilihat disini.

About the author

Add Comment

By admin
A Journey Towards the Light

Recent Posts

Recent Comments

Archives

Categories

Meta

admin

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.