A Journey Towards the Light

About

A

Saya bukanlah orang yang suka menampilkan diri. Bukan karena tampang yang terlalu jauh bedanya dengan Brad Pitt, tapi karena saya lebih merasa nyaman menikmati diri saya, kekurangan dan kelebihan yang saya miliki, perjalanan hidup saya, untuk diri sendiri. Untungnya Tuhan memberikan saya jalan hidup yang memungkinkan saya untuk mendapatkan kemewahan yang sangat jarang dimiliki orang tersebut. Kalau saja Tuhan mentakdirkan saya menjadi seorang public figure, tentunya kemewahan menikmati semuanya untuk diri sendiri itu tidak mungkin bisa saya dapatkan.

Tapi tidak berarti saya tidak tertarik untuk berbagi, membantu, memberi. Meskipun memang saya tidak memiliki banyak keleluasaan untuk melakukannya, sebagai manusia saya juga punya ketertarikan untuk mengulurkan tangan saat melihat makhluk Tuhan lain berada dalam kesulitan sementara saya bisa melakukan sesuatu untuk membantunya. Tapi saya sangat menjiwai filosofi “tangan kanan memberi, tangan kiri nggak perlu tahu”. Saat saya berkesempatan membantu, saya cenderung agar sedapat mungkin tidak diketahui siapapun, bahkan kalau mungkin, orang yang saya bantupun tidak perlu tahu kalau saya membantunya.

Saya tidak merasakan kebutuhan akan pujian, saya tidak tertarik dengan ucapan terima kasih, dan saya tidak mengharap balasan dari siapapun yang saya bantu dalam bentuk apapun. Saya yakin balasan hakiki datangnya bukan dari mereka yang saya bantu, tetapi dari Tuhan, entah melalui tangan siapa.

Saya jauh panggang dari api dibandingkan sosok besar seperti Habibie meskipun saya sangat mengidolakan beliau, sejak kecil. Tapi tentu sebagai manusia yang dibekali sejumlah kelebihan disamping banyak kekurangan, saya juga bisa berbuat sesuatu, bisa membuat sesuatu. Saya suka mebuat sesuatu yang hebat, atau setidaknya nampak hebat.  Ya kalaupun tidak hebat ya dianggap bagus malah dipuji orang-orang yang mengetahuinya. Saya sangat senang saat orang memuji apa yang saya buat. Tapi … saya merasa sangat tidak nyaman saat orang mengetahu kalau sayalah yang membuat karya yang mereka puji itu. Saya lebih berbahagia melihat orang terkagum-kagum dengan apa yang saya buat tanpa mereka tahu sosok saya.

Karena itu, menulis halaman “Tentang Saya” ini juga rasanya tidak sesuai dengan kepribadian saya kalau saya memamerkan diri. Inilah saya, ini muka saya, ini profesi saya, ini jabatan saya, ini prestasi saya, ini harta yang saya miliki, ini perusahaan saya, ini mobil saya, dll.

Biarlah semua itu menjadi milik saya sendiri saja. Mungkin saya menuliskan pendapat dan pikiran saya pribadi disini. Mungkin saya menulis mengenai ilmu pengetahuan atau teknologi yang saya kuasai sehubungan dengan profesi saya. Mungkin saya menulis mengenai proyek yang sedang saya tangani, kesulitan-kesulitannya, pencapaiannya, hasilnya, dll. Mungkin saya menulis mengenai aktivitas sosial yang saya lakukan. Mungkin saya menulis banyak hal tentang saya. Tapi siapa saya, lebih dari sekedar nama, sepetinya saya tidak tertarik untuk menunjukkannya.

A Journey Towards the Light

Recent Posts

Recent Comments

Archives

Categories

Meta

admin

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.